EFEK GENDER SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN
Keywords:
Financial literacy, Lifestyle, Gender, financial management, modmoderated regression analysisAbstract
This study aims to determine the moderating effect of gender on the effect of financial literacy and lifestyle on financial management. This research was conducted with quantitative methodes. The population used in the study were accounting students amounted to 800 students with a sample of 132 respondent. Sampling technique using random sampling. Primary data in the form of a questionnaire used in this study. This study uses the Moderated Regression Analysis (MRA). The results showed that financial literacy influences on financial management. Lifestyle influences on financial management. Gender has no effect on financial management. Gender is not a moderation in the relationship between financial literacy, lifestyle and financial management.
Downloads
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and
Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior. Open University Press.
Arifatullaily, F. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA JURUSAN PIPS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. In UNIVERSITAS ISLAM MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Astari, L., & Widagda K., I. (2014). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Kontrol Diri Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Produk Parfum. EJurnal Manajemen
Universitas Udayana, 3(3), 546–560.
Diktria, O., & Mintarti, S. U. (2016). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9. http://journal.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/7161/3187
Gunawan, A., Pirari, W. S., & Sari, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Humaniora, 4(2), 23–35.
Hadjali, H. R., Salimi, M., Nazari, M., & Ardestani, M. S. (2012). Exploring main factors affecting on impulse buying behaviors. Journal of American Science.
Herlindawati, D. (2017). PENGARUH KONTROL DIRI, JENIS KELAMIN, DAN PENDAPATAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3.
Izza, M. Y. (2020). PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI. 21(1), 1–9.
Kirana, I. D. A. I., & Yasa, N. N. K. (2013). PERAN GENDER DALAM MEMODERASI PENGARUH PERCEIVED BENEFIT DAN PERCEIVED COST TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN KARTU KREDIT DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, 2.
Kotler, Philip dan Keller, K. L. . (2008). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.
Lusardi, A., & Tufano, P. (2008). Debt Literacy, Financial Experience, and Overindebtedness. Preliminary and Incomplete Discussion Draft.
Mahdzan, N. S., & Peter Victorian, S. M. (2013). The determinants of life insurance demand: A focus on saving motives and financial literacy. Asian Social Science, 9(5), 274–284. https://doi.org/10.5539/ass.v9n5p274
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). TINGKAT LITERASI KEUANGAN PADA MAHASISWA S-1 FAKULTAS EKONOMI. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17.
Pirari, W. S. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAPPENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. In Skripsi.
Putri, A. R., & Asrori, A. (2019). Determinan Literasi Finansial Dengan Gendersebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 894–908. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28318
Putri, N. M. D. R., & Rahyuda, H. (2017). PENGARUH TINGKAT FINANCIAL LITERACY DAN FAKTOR SOSIODEMOGRAFI TERHADAP PERILAKU KEPUTUSAN INVESTASI INDIVIDU. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 06.
Rahmadhani, A. N., & Yunita, I. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MAHASISWA DALAM MENGELOLA KEUANGAN (PERBANDINGAN MAHASISWA BISNIS DAN MAHASISWA TEKNIK UNIVERSITAS TELKOM). Jurnal Mitra Manajemen, 4.
Ramadhani, V. S., & Yuhelmi. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 21(2). http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8791%0Ahttp://repo.bunghatta.ac.id/8791/3/kesimpulan%2C saran%2C daftar
pustaka.pdf
Ramdany, K., & Putri, A. (2022). Efek Moderasi Gender dan Usia Pada Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Pegawai di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Ensiklopedia of Journal, 4(4), 372–382.
Regista, Y. A. M., Fuad, M., & Dewi, M. (2021). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GENDER, GAYA HIDUP DAN PEMBELAJARAN DI UNIVERSITAS TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA. JIM Manajemen: Manajerial Terapan, 1.
Rosyidah, S. M., & Lestari, W. (2013). RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI RISIKO DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA PERSPEKTIF GENDER. Journal of Business and Banking, 3.
Sari, N. (2021). Pengaruh Financial Literacy, Locus of Control, Life Style, dan Gender terhadap Financial Management Behavior Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 670. https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p670-680
Sasongko, S. S. (2009). Konsep dan Teori Gender. Jakarta: Pusat Pelatihan
Gender dan Peningkatan Kualitas Perempuan, BKKBN.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pad Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen.
Sholeh, B. (2019). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 4.
Sigo, M. R. N., Hariani, L. S., & Walipah, W. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Kecerdasan Spiritual Dan Pendidikan Keuangan Di Keluarga Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/jrpe.v3i1.3812
Suzanna, L, Yossi, S, dan Rasyidah, M. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Gender dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. 1(2), 173–183.
Wahyuningsih, W., & Fatmawati, I. (2016). The Influence Of Hedonic Lifestyle, Shopping Addiction, Fashion Involvement On Global Brand Impulse Buying. Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 7.
Wibowo, D. R. (2018). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KESADARAN BERASURANSI DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI. In SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PERBANAS.
Yulinar, B., Yuliani, & Umrie, R. H. (2020). Literasi Keuangan Dan Kepuasan Keuangan Dengan Gender Sebagai Moderasi: Studi Pada Mahasiswa Di Kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i1.424
Yunita, N. (2020). PENGARUH GENDER DAN KEMAMPUAN AKADEMIS TERHADAP LITERASI KEUANGAN DALAM PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI. PRISMA (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1.